Cover Album D’Masiv Yang Mirip Cover Album Aerosmith

Banyak sekali artikel dan postingan yang menulis kalo D’Masiv adalah band plagiat. Tudingan itu tentunya bukan pepesan kosong, mengingat banyaknya lagu-lagu D’Masiv yang mirip dengan lagu dari band luar negeri, salah satunya adlh Switchfoot – band alternative rock asal California.

Padahal berdasarkan UNDANG-UNDANG Hak Cipta Tahun 2002 sebagai perbaikan dari Undang-Undang Hak Cipta Tahun 1982 yang berlaku efektif pada tanggal 23 Juli 2003, sebuah lagu dianggap plagiat tidak lagi berdasar pada 8 bar, 1 bar pun sudah bisa dikatakan plagiat. Jadi D’Masiv menurut kalian???

Kembali ke Judul postingan ini: Cover Album D’Masiv Yang Mirip Cover Album Aerosmith.

Yap, ternyata bukan cuma lagunya yang mirip dengan band2 luar negeri. Tapi cover album D’Masiv juga mirip dengan Cover Album Aerosmith. Postingan tentang Cover album D’Masiv yang mirip Cover Album Aerosmith ini sebenarnya publikasi ulang dari postingan Mas Gembol – si Jubir KDRI (Kementrian Design Republik Indonesia), sang pakar design.

Menurut Mas Gembol persentase kemiripan sudah mendekati 80%. Itu terlihat dari warna backgroundnya, kemudian dari posisi artis berdasarkan alat musik yang sama, dari posisi logo, dan juga dari dekorasi set alat musik yang kurang lebih sama. Yang beda cuma kepala D’Masiv gak ada. Mungkin secara “face” kurang menjual?

Saya kurang paham. Ada yang bisa menjelaskan, kenapa mereka tidak menyertakan kepala mereka?

Ini dia gambarnya, silakan dibandingken.

Cover Album Aerosmith


Cover Album D'Masiv

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons