Johann Sebastian Bach


Johann Sebastian Bach, adalah seorang komponis legendaris berkebangsaan Jerman. Ia lahir di Eisenach, Jerman pada tanggal 21 Maret 1685. Ia lahir dari keluarga yang memang berbakat di bidang musik. Ayahnya, yang bernama Johann Ambrosius Bach, adalah pemain terompet, dirigen orkes, dan pemain biola. Kedua orang pamannya merupakan sosok penggubah-penggubah termasyhur, dan banyak sepupunya yang juga termasuk orang-orang yang dihormati di dunia musik. Dengan 20 orang dari garis keturunannya yang dikenal sebagai musisi, keluarga ini menyerupai sebuah dinasti musik. 

Kendati Bach selalu dapat kedudukan bagus dan bisa memelihara keluarganya, dia tidaklah semasyhur Mozart dan Beethoven selama dia hidup (bahkan tak semasyhur Frederich Chopin dan Franz Liszt). 
Pada umur 15 tahun, Bach yang dari semula tinggal dan diasuh oleh kakak laki-lakinya, terpaksa harus keluar dari rumah karena jumlah anggota keluarga mereka yang terus bertambah. Bach melalui perantaraan pemimpin musik sekolahnya menjadi anggota penyanyi koor di gereja Michaliskirche, di kota Luneburg. Bach bertemu dengan komponis penting pada masa itu, George Boehm (1661-1773), Bach kemudian menjadi muridnya dalam bidang komposisi.

Bach adalah seorang penganut Luther dan sangat taat beragama. Dia ingin musiknya melayani kepentingan gereja. Jadi tidak heran, kalau sebagian besar hasil karyanya memang musik-musik keagamaan. 
Sumbangan-sumbangan Bach terhadap dunia musik menggabungkan banyak detail dari berbagai gaya musik Jerman, Perancis dan Italia selama bertahun-tahun terakhir era Baroque. Kemasyurannya dalam sejarah literatur organ, paduan suara, kantata dan oratorio, sangat besar hubungannya dengan liturgi Lutheran, dan karya-karyanya dikenal karena jumlah mereka yang besar serta keahlian tinggi penciptanya. Selama hampir dua abad keluarga Bach aktif dalam dunia musik. Karyanya yang paling terkenal adalah Brandenburg concerto.
Bach meninggal pada tanggal 28 Juli 1750 pada umur 65 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons