Manfaat Minum Bir

Selama ini pasti tiap kali dengar atau membaca tentang bir pasti selalu dampak negatif yang ditekankan. Hal ini rasanya gak fair,menilai sesuatu tanpa memandang sisi positif dari barang itu tersebut. Nah lalu kenapa jarang disebarluaskan manfaat bir? Apakah bir tidak bermanfaat? Ups Jangan salah. Saint menegaskan,bahwa itu salah besar ! Bir mempunyai manfaat yang cukup banyak. Pengen tau? Simak nih..


Bir ternyata memiliki dampak positif bagi kesehatan, dapat memperkecil resiko penyakit jantung, mencegah pikun, dst.
Bir sudah menjadi minuman yang tidak asing lagi bagi kita tentunya, karena memang sudah sering kita dapatkan dimana-mana. Tapi mengenai baik tidaknya manfaat minum bir masih menjadi bahasan tersendiri di masyarakat.
Dalam agama Islam misalnya, minum bir itu sendiri masih dalam perdebatan, karena bir dianggap minuman yang memabukkan tapi tidak termasuk minuman keras, boleh tidaknya masih dalam perdebatan ulama. Iklan Bir juga tak jarang menjadi sponsor pertandingan olah raga, apakah itu berarti bir juga mempunyai dampak positif dari sisi kesehatan?
Dalam bir, terkandung 90% air, gula fermentasi dari biji-bijian maupun butiran padi yang disebut dengan malt, gula murni, perasa dari buah bernama hop yang akan memberikan cita rasa yang menjadi ciri khas bir, dan yeast atau sel mikro-organisme yang nantinya digunakan untuk memproses gula fermentasi menjadi alkohol dan karbondioksida. Dampak positif bir bagi kesehatan antara lain:

Minum bir dalam batas yang wajar dan tak berlebihan dengan porsi satu gelas perhari buat wanita dan tidak lebih dari dua gelas untuk pria, bisa menurunkan resiko penyakit jantungan sampai 30 %-60%. Minum bir juga dianjurkan buat mereka yang mempunyai penyakit diabetes dan tekanan darah tidak normal.

Bir ternyata mengandung silikon, yang kurang lebih manfaatnya seperti kalsium yang membantu memadatkan tulang. Bagi mereka yang memiliki gangguan tulang keropos, minum bir sangat dianjurkan selama dalam batas yang wajar.

Antioksidan (Hop and Malt) yang terkandung dalam bir, juga Polyphenol, akan memperkuat sel tubuh, jangka panjangnya akan mengurangi resiko jantungan dan kanker. Apa yang dikandung dalam bir ini juga ditemukan di teh hitam, teh hijau, buah-buahan dan sayuran.

Selama minum tidak berlebihan dan tidak sampai memabukkan, bir akan meningkatkan kemampuan berpikir dan memori yang membaik, jadi mencegah kepikunan seiring usia bertambah. Kepikunan sendiri menjadi 80% penyebab stroke.
Yang jelas antioksidan dalam bir mudah diserap dibanding minuman sejenis seperti anggur merah dan anggur putih. Bir tidak berkolesterol dan berlemak, justru kalori dalam bir sangat tinggi. Itulah mengapa bir bisa menyuplai kesehatan yang positif bagi tubuh, bir boleh dicoba asal tidak berlebihan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons