Wikipedia, Ensiklopedia Dunia Maya Yang Paling Populer

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0ArsJ_V4v-EperWdH_iLwlhtefcwuiR_fTi4OHvdDKK3GO6cxfrwssKQhCNO1kMROdJvOaBaV_3YxzDeosml67_RoCW1XNbfgTdXBVpgABgfcBOZkFyhsrJmNOqjY_tOlPqz3ALCrFE3Y/s400/wikipedia-logo.png

Wikipedia ditempatkan sebagai website paling populer dan berpengaruh pada tahun 2009 untuk 2 tahun berturut-turut. Ini berdasarkan hasil studi website tracking ://URLFAN. Mereka mengukur popularitas situs bukan dari trafik, melainkan seberapa sering tampil di blog atau website. Membuntuti Wikipedia di posisi berikutnya berturut-turut adalah YouTube, Flickr dan Twitter.

Facebook memang masih masuk urutan sepuluh besar, tapi hanya mampu nangkring di tempat ke-7. Yang cukup menarik, MySpace mengungguli Facebook di urutan ke-6. Padahal untuk urusan trafik, lalu lintas Facebook dua kali lipat lebih padat dari MySpace. Daftar yang disusun ://URLFAN menunjukkan pengaruh media sosial dan situs konten dari user kian melonjak. Terbukti di 10 besar, hanya Google, IMDB dan Apple yang tidak masuk dalam dua kategori tersebut. Beberapa blog independen juga masuk dalam daftar ini. Blog populer seperti Mashable, Gizmodo sampai BoingBoing menerobos seratus besar.

Artikel-artikel di situs ini didirikan secara kolektif oleh para sukarelawan di seluruh dunia. Hingga Agustus 2009 Wikipedia menyediakan sekitar 3 juta artikel dalam bahasa Inggris. Sementara per Februari 2008, Wikipedia menggunakan 300 server di Florida, 26 server di Amsterdam, dan 23 server di fasilitas hosting Yahoo Korea.

Wkipedia
Wikipedia adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger, dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk mengumpulkan seluruh ilmu pengetahuan manusia.

Wikipedia pertama kali diluncurkan pada januari 2001, oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger. Dengan sekitar 23 staf-nya, kini Wikipedia telah menghasilkan sekitar 12 juta artikel dalam berbagai bahasa, dan menjadi salah satu referensi bagi seluruh pengguna Internet di seluruh dunia. Ensiklopedia online Wikipedia, hingga kini telah menyiarkan lebih dari 100 ribu halaman artikel versi bahasa Indonesianya.

Artikel Wikipedia versi Indonesia yang ke-100.000 adalah artikel berjudul “Luck By Chance”, judul sebuah film Bollywood. Artikel yang dibuat pada pukul 14.57 WIB, tanggal 21 Januari 2009 itu ditulis oleh seorang pengguna anonim. Seperti halaman-halaman wiki lainnya, Artikel-artikel pada situs web Wikipedia dibuat dan disunting oleh para sukarelawan, baik yang menggunakan nama maya maupun yang memilih anonim (tak menyebutkan nama). Hingga kini, Wikipedia Indonesia memiliki sekitar 50 sukarelawan yang merupakan pengguna aktif.

Selain versi bahasa Indonesia, Wikipedia juga telah menyediakan beragam artikel dalam bahasa daerah, yaitu bahasa Jawa dan bahasa Sunda. Kini, sudah ada lebih dari 16.897 artikel Wikipedia Bahasa Jawa, dan 14.354 artikel Bahasa Sunda . Dengan jumlah artikel yang semakin banyak, posisi Wikipedia Indonesia kini menduduki peringkat ke-25 dari total 265 proyek ensiklopedia bebas, dari berbagai bahasa yang dikelola Wikimedia Foundation.

Peringkat ini mengalami peningkatan pesat, mengingat pada awal 2004, Wikipedia Indonesia menduduki peringkat ke-50 di dunia, bila ditinjau dari banyaknya artikel. padahal, Wikipedia bahasa Indonesia baru dimulai sejak bulan Mei 2003. Namun demikian dengan koleksi 100.000 artikel, Wikipedia Indonesia masih ketinggalan dengan versi-versi Wikipedia besar lain di dunia, semisal bahasa Inggris (lebih dari dua juta artikel), serta negara-negara maju yang telah memiliki lebih dari seratus ribu artikel terlebih dulu, seperti Jerman, Italia, atau Jepang

Ditinggal Banyak Kontributor
Hasil riset menunjukkan Wikipedia ditinggalkan banyak kontributor dalam setahun terakhir. Tidak tanggung-tanggung, jumlah kontributor/editor yang tidak lagi aktif menulis atau memperbaiki artikel di situs ensiklopedia online tersebut meningkat sepuluh kali lipat dalam setahun.

Itulah gambaran fakta yang berhasil direkam Filipe Ortega, dalam tesisnya untuk mendapat gelar doktor di Universitas Rey Juan Carlos di Madrid, Spanyol. Tesis tersebut menganalisis perubahan yang tercatat dalam log editor situs Wikipedia dalam sepuluh bahasa menggunakan software khusus buatannya yang disebut WikiXRay.

Hasil analisis menunjukkan jumlah kontributor baru dan yang nonaktif hampir sama jumlahnya sampai pertengahan tahun 2006. Sejak saat itu, jumlah kontributor yang tidak aktif makin besar sementara yang baru lebih sedikit. Kecenderungan tersebut terjadi merata di semua situs Wikipedia berbagai bahasa yang ditelitinya. Ortega juga menemukan terjadinya penurunan drastis jumlah kontributor dalam setahun terakhir terutama di situs Wikipedia versi Bahasa Inggris. Jika pada kuartal pertama 2008 hanya ada 4.900 kontributor yang tidak aktif, pada periode yang sama 2009 mencapai 49.000 kontributor.

Namun, Wikimedia Foundation yang menaungi proyek Wikipedia menilai hasil riset tersebut tidak akurat. Menurut Wikipedia, jumlah kontributornya saat ini stabil. Jumlah kontributor Wikipedia mengalami puncaknya pada tahun 2007 dan berangsur turun sampai posisi stabil saat ini. Selain itu, ukuran yang dipakai juga berbeda. Wikipedia hanya menghitung kontributor yang telah menyumbang kontribusi minimal lima kali, sedangkan Ortega menghitung kontributor yang menyumbang satu kali kontribusi sekalipun. Dengan perbedaan itu, Wikipedia mencatat sekitar satu juta kontributor, sedangkan Ortega mencatat sekitar tiga juta kontributor.

Salah satu pendiri Wikipedia Jimmy Wales menyatakan saat ini tak perlu ada yang dikhawatirkan di Wikipedia. Ia mengaku jumlah kontributor tidak lagi bertambah karena tidak mungkin Wikipedia terus mengalami pertumbuhan. Proyek Wikipedia yang dimulai sejak versi eksperimen tahun 2001 saat ini telah menjadi salah satu situs populer di internet.

Seiring dengan bertambahnya artikel, sebagian artikel menjadi media vandalisme untuk menghina atau menyerang lawan politik. Wikimedia Fondation pun telah melakukan perubahan aturan beberapa kali agar kualitas artikel yang tampil semakin akurat. Antara lain dengan menerapkan penundaan tayang dari artikel yang dibuat kontributor baru untuk disunting terlebih dahulu oleh editor yang telah ditunjuk

Dapat Dana Segar
Setelah beberapa kali diisukan bakal ditutup karena kekurangan dana, akhirnya Wikimedia Foundation, organisasi nirlaba yang mengelola ensiklopedia online gratis Wikipedia, mendapatkan sumbangan dana segar.

Pekan ini, Wikipedia mendapatkan sumbangan amal dari William dan Flora Hewlett Foundation sebesar US$ 500 ribu (sekitar Rp 5 miliar) untuk melanjutkan usahanya menyediakan informasi edukatif secara gratis kepada pengguna internet. “Popularitas Wikipedia yang begitu besar dan premis kolaboratifnya membuat Wikimedia Foundation adalah kendaraan yang ideal untuk menyebarkan sumber pendidikan yang terbuka,” ujar Barbara Chow, Direktur Program Edukasi Hewlett, dalam sebuah pernyataan tertulis yang dikutip dari CNet.

Menurut seorang wakil dari Wikimedia, bantuan dana itu datang di saat yang kritis. Dukungan dana tersebut, kata Sue, diprioritaskan untuk digunakan mendukung operasional tahun berjalan dan perencanaan di masa yang akan datang. “Kami baru saja mulai menjalankan rencana yang bisa menolong kami mengidentifikasi cara untuk memaksimalkan efek yang ditimbulkan Wikimedia kepada dunia,” ujar Sue Gardner, Executive Director Wikimedia Foundation, dalam pernyataan tertulisnya.

Wikimedia yang bermarkas di San Francisco, berencana untuk menggunakan dana itu untuk meningkatkan software Wikimedia agar lebih ramah terhadap pengguna, mengembangkan materi pelatihan untuk menjaring lebih banyak penyunting sukarelawan yang berpotensi, serta membuat metrik yang mampu menelusuri efek yang dicapai oleh Wikimedia.

Hewlett Foundation telah menyumbang lebih dari US$100 juta (sekitar Rp 1 triliun) sejak 2001, untuk menyediakan materi-materi pendidikan secara gratis. Sementara Wikipedia adalah situs ensiklopedia online yang didirkan oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger sejak 2001. Wikimedia Foundation mengumumkan telah sukses mencapai target pengumpulan dana sebesar USD 6 juta untuk biaya operasional situs ensiklopedi Wikipedia.

Dengan bantuan lebih dari 125 ribu donor, Wikimedia telah berhasil mengumpulkan total dana USD 6,2 juta (sekitar Rp 67,4 miliar), yang seluruhnya akan digunakan untuk memelihara dan mengembangkan infrastruktur teknis Wikipedia. Dana sejumlah itu, menurut pendiri Wikipedia dan Yayasan Wikimedia Jimmy Wales, akan dapat membiayai dana operasional hingga 30 Juni 2009.

“Kampanye kami membuktikan bahwa Wikipedia sangat berguna bagi pengguna, dan mereka sangat mendukung misi kami: menyampaikan pengetahuan secara cuma-cuma ke seluruh planet bumi, tanpa perlu adanya iklan,” ujar Wales, dalam surat ucapan terima kasihnya yang dipasang di situs Wikipedia. Atas sukses tersebut, Wales mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para donor yang telah menyumbangkan dananya demi keberlangsungan Wikipedia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons