Sejarah Windows Media Player

Windows Media Player (disingkat WMP) adalah milik digital media player dan aplikasi media perpustakaan yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan untuk memainkan audio, video dan melihat gambar pada komputer pribadi yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows, serta pada Pocket PC dan Windows Mobile berbasis perangkat. Edisi Windows Media Player juga dirilis untuk Mac OS, Mac OS X dan Solaris, tetapi pengembangan tersebut sejak itu telah dihentikan.



Selain menjadi media player, Windows Media Player termasuk kemampuan untuk musik dan musik rip dari copy ke compact disc, membakar cakram direkam dalam format CD Audio atau sebagai data disc dengan playlist seperti CD MP3, mensinkronisasi konten dengan audio digital player (pemutar MP3) atau perangkat mobile lainnya, dan memungkinkan pengguna untuk membeli atau menyewa musik dari sejumlah toko musik online.


Windows Media Player menggantikan aplikasi sebelumnya bernama Media Player, menambahkan fitur di luar video sederhana atau pemutaran audio.


Windows Media Player 12 adalah versi terbaru Windows Media Player pada Juli 2009. Ini dirilis pada tanggal 22 Juli 2009 bersama dengan Windows 7 dan belum dirilis untuk versi sebelumnya dari Windows.


Windows Media Player 11 yang tersedia untuk Windows XP dan termasuk dalam Windows Vista dan Windows Server 2008. : hat: Format File default adalah Windows Media Video (WMV), Windows Media Audio (WMA), dan Advanced Systems Format (ASF), dan mendukung format XML sendiri berdasarkan playlist yang disebut Windows Playlist (WPL). Pemain juga dapat memanfaatkan layanan manajemen hak digital dalam bentuk Windows Media DRM.

Lanjut 
Sejarah Windows Media Player :
Microsoft Windows telah memiliki media player sejak tahun 1991, ketika Windows 3.0 dengan Extensions MultiMedia dirilis. Ini versi Windows, yang disertakan dengan "Multimedia PC" yang kompatibel dengan mesin tetapi tidak tersedia untuk penjualan eceran, termasuk aplikasi Media Player , mampu memainkan file animasi mmm,. dan dapat diperpanjang untuk mendukung format lain. Ini digunakan MCI untuk menangani file media. Pada bulan November tahun berikutnya, Video untuk Windows diperkenalkan dengan kemampuan untuk memutar file video digital dalam format kontainer AVI, dengan dukungan codec untuk RLE, dan Video1 dan dukungan untuk memainkan file terkompresi. Indeo 3.2 ditambahkan dalam rilis nanti. Video untuk Windows pertama kali tersedia sebagai add-on gratis ke Windows 3.1, dan kemudian diintegrasikan ke dalam Windows 95 dan Windows NT 4.0.

Pada tahun 1996 Microsoft merilis ActiveMovie, pengganti untuk Video untuk Windows yang menggabungkan cara baru dalam menangani file media, dan menambahkan dukungan untuk streaming media (yang asli Media Player tidak bisa menangani).

ActiveMovie diubah namanya menjadi DirectShow pada tahun 1996, dan Media Player yang baru diciptakan, yang dikenal secara internal sebagai Media Player 2.

Semua versi Windows Media Player bermerek (bukan hanya Media Player) dukungan codec DirectShow. Versi 6.4 disertakan dengan Windows Me, Windows 2000 dan Windows XP, tetapi dijatuhkan pada Windows Vista. Windows Media Player versi 7 adalah merubah besar, pertama disertakan dengan Windows Me dengan antarmuka pengguna baru, visualisasi dan fungsi meningkat.

Dimulai dengan Windows Vista, Windows Media Player mendukung kerangka Media Yayasan selain DirectShow, karena itu ia memainkan beberapa jenis media yang menggunakan Media Foundation serta beberapa jenis media yang menggunakan DirectShow.

Fitur Windows Media Player :

1. Memungkinkan pengguna untuk terhubung, berbagi dan Sinkronisasi data dengan perangkat genggam portabel dan konsol game sejak versi 7. Media dapat secara optional transkode ke format yang lebih cocok untuk perangkat target, secara otomatis, saat sinkronisasi. Bila menghapus daftar putar dari perangkat, Windows Media Player akan secara otomatis dapat menghapus isinya. Perangkat dapat diformat menggunakan Windows Media Player 9 Series dan nanti. Versi 10 dan kemudian mendukung Media Transfer Protocol dan Auto Sync. Auto Sync memungkinkan pengguna untuk menentukan kriteria seperti musik baru ditambah atau lagu peringkat tertinggi, dimana media akan secara otomatis disinkronkan dengan perangkat portabel dan fitur canggih lainnya seperti pengaturan jam pada perangkat portabel secara otomatis, berkomunikasi dengan perangkat untuk mengambil user preferensi. Windows Media Player 10 juga memperkenalkan UMDF berbasis Windows Portable Devices API.

2. Pemutaran audio, video dan gambar, bersama dengan cepat maju, mundur, file spidol (jika ada) dan kecepatan pemutaran variabel (mencari & waktu pemampatan / pelebaran diperkenalkan di WMP 9 Series). Item dalam daftar main dapat terlampaui pada waktu pemutaran tanpa menghapusnya dari playlist.

3. Mendukung playback lokal, pemutaran streaming dengan multicast sungai dan download progresif.
4. Dukungan untuk setiap codec media dan format kontainer menggunakan filter khusus atau Yayasan Media DirectShow codec (Media Yayasan codec hanya pada Windows Vista dan kemudian).

5. Penuh manajemen media, melalui media terintegrasi perpustakaan diperkenalkan pertama kali dalam versi 7, yang menawarkan katalogisasi dan mencari media dan melihat metadata media. Media bisa diatur menurut album, artis, tanggal genre, et al .. WMP 9 Seri diperkenalkan peringkat dan Peringkat Auto. Windows Media Player 10 memperkenalkan dukungan untuk menggabungkan gambar, acara TV yang direkam, dan media lain ke dalam perpustakaan. Windows Media Player 12 tetes perpustakaan terintegrasi untuk perpustakaan Windows 7.
6. Windows Media Player 9 Series diperkenalkan Akses Cepat Panel untuk mencari dan menavigasi seluruh perpustakaan melalui menu. Quick Access Panel juga ditambahkan ke modus mini di versi 10 namun seluruhnya dihapus di versi 11.

7. Video Smoothing diperkenalkan di WMP 9 Series (Windows XP dan kemudian hanya) yang upscales frame-frame rate dengan interpolasi menambahkan, dalam memberikan efek pemutaran halus pada video framerate rendah.
8. Termasuk equalizer grafis 10-band dengan preset dan SRS WOW sistem pengolahan pasca audio. Windows Media Player juga dapat memiliki terpasang audio dan video DSP plug-in yang mengolah data output audio atau video.
9. Fitur taskbar-mount modus Mini di mana media paling umum tombol kontrol disajikan sebagai toolbar pada taskbar Windows. Windows flyout dapat menampilkan informasi media, visualisasi aktif atau video yang sedang diputar kembali. Mini-mode diperkenalkan sebagai pemain PowerToy shell untuk Windows Media Player 8 di Windows XP dan terintegrasi kemudian ke WMP 9 Series. Mini-mode telah dihapus pada Windows Media Player 12 yang mendukung kontrol dalam thumbnail preview interaktif taskbar itu yang tidak memiliki kontrol volume, sebuah progress bar dan informasi yang ditampilkan setiap kali lagu baru dimainkan.

10. Bisa menggunakan lapisan atau video (Video Mixing Renderer) KMV permukaan, jika kartu video mendukung mereka. Pada Windows XP, menggunakan VMR7 secara default, tetapi juga dapat dibuat untuk menggunakan modus YUV lebih maju pencampuran dengan mengaktifkan "Gunakan mode berkualitas tinggi"pilihan dalam pengaturan Advanced Performance. Ini menyala deinterlacing, scaling dan meningkatkan akurasi warna WMP 9 Series diperkenalkan. pemutaran asli untuk deinterlacing untuk TV output.

11. Memperkenalkan versi 9 pemutaran DXVA dipercepat. Versi 11 memperkenalkan meningkatkan dukungan untuk DirectX mempercepat decoding video WMV (DXVA decoding)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons