Komet Berbahaya Akan Tabrak Bumi Tahun 2013?


Chempornet.com – Komet Berbahaya Akan Tabrak Bumi Tahun 2013? Sebuah komet berbahaya ditemukan oleh Teleskop Hawaii’s Pan-STARRS 1, teleskop yang memang diciptakan untuk berburu asteroid berbahaya. Menurut info yang didapat, komet berbahaya yang baru saja ditemukan diluar angkasa tersebut diperkirakan dapat menabrak bumi pada tahun 2013 karena, lintasan komet berbahaya tersebut mengarah langsung ke Bumi kita ini.
komet berbahaya 2013
Seperti dilansir dari Livescience.com, komet berbahaya ini bisa terlihat dengan mata telanjang ketika jaraknya sangat dekat dengan bumi. Teleskop Hawaii’s Pan-STARRS 1, mendeteksi komet yang diberi nama C/2011 L4 (PANSTARRS), pada malam hari, tepatnya 5 dan 6 Juni lalu.
Penemuan ini lalu dilanjutkan observasi menyeluruh dengan menggunakan instrumen lain keesokan harinya. Diperkirakan jarak komet sekitar 30 juta mil (50 juta kilometer) pada Februari atau Maret 2013.
Selama jarak terdekatnya dengan Bumi, sekitar dua tahun, C/2011 L4 (PANSTARRS) bisa terlihat di langit barat setelah matahari terbenam, jika cuaca cerah.
Peneliti dari University of Hawaii, Richard Wainscoat, mengutarakan mengenai komet berbahaya ini, “Komet ini memiliki orbit yang dekat dengan parabola, berarti bahwa ini mungkin pertama kalinya tidak akan pernah mendekati matahari dan tidak pernah bisa kembali,
<p>Your browser does not support iframes.</p>
Saat ini C/2011 L4 (PANSTARRS) jaraknya sekitar 700 juta mil dari matahari, tepatnya di atas orbit planet Jupiter. Detil ini didapatkan karena teleskop memiliki teknologi detektor elektronik yang sensitif.
Pan-STARRS 1 menemukan komet berbahaya tersebut dengan melakukan pemindaian pada langit untuk mengenali asteroid yang berpotensi membahayakan dan kemungkinan menghantam Bumi. Beberapa bulan ke depan, para astronom akan terus mempelajari komet tersebut. Hal ini demi mendapatkan prediksi yang lebih baik.
Banyak sudah perkiraan atau prediksi pada tahun 2013 nanti yang menyangkut kehidupan di Bumi, rata-rata ancaman yang datang berasal dari luar angkasa. Sebelumnya ada perkiraan pada tahun 2013 akan ada gangguan listrik di seluruh dunia akibat dari ledakan atau tsunami Matahari yang terjadi pada tahun tersebut.
Nah kali ini ancaman datang bukan dari Matahari, melainkan datang dari sebuah benda angkasa yang melaju dengan cepat dan mengarah langsung ke Bumi. Komet berbahaya yang diberinama C/2011 L4 (PANSTARRS) tersebut diperkirakan akan menghantam bumi pada tahun 2013 nanti. (Ak)
source: Vivanews

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons